Koleksi mainan diecast sebagai investasi dan peluang usaha.

Diecast yaitu arti yang popular digunakan untuk mengacu pada mainan tiruan mobil dengan kata lain mainan mobil-mobilan. Tidak sembarang mainan, Diecast lebih diperuntukkan pada mainan tiruan mobil yang memakai bahan metal serta plastik. Mainan type diecast ini seringkali didapati di supermarket atau beberapa toko mainan. Konon, usaha diecast dapat menyamakan investasi sekelas Logam Mulia. Jadi koleksi mainan diecast dapat sebagai sebagai investasi dan peluang usaha.Segurih apa usaha diecast ini?

Didit, 27 th., yaitu satu diantara pebisnis yang jual diecast lewat Facebook. Selesai resign dari tempatnya bekerja, Didit mencari-cari kesempatan usaha untuk ditangani sendiri. Serta Diecast jadi pilihan karna dia lihat distribusi mainan ini menembus hingga level minimarket seperti Indomaret. Keputusannya tidak salah. Bermodal awal tabungan sebesar Rp 5 juta Didit beli diecast beberapa 250 item dari Ebay dengan system lelang. Sesampainya di Indonesia, dia menjualnya dengan system yang sama, yakni lelang di Facebook. Kurun waktu 7 hari, Didit berhasil jual 80% produknya dengan nilai omset lebih dari 8 juta. Keuntungan hasil lelang ini dipakai

Didit untuk menaikkan modal usahanya dengan beli semakin banyak diecast. Sampai 3 bulan mulai sejak pertama kalinya dia belanja, Didit sudah mengantongi omset sampai 30 juta satu bulan.
Diecast bukan hanya mainan. Product ini begitu tajam membidik segmennya, yakni Kolektor. Mainan mobil yang memiliki bentuk serupa dengan aslinya ini begitu digemari banyaknya kelompok, beberapa besar pria. Seringkali, seseorang kolektor ikhlas keluarkan uang sampai juta-an rupiah cuma untuk beli 1 diecast yang diincarnya.

Ya, saat satu product berubah dari product sekunder/tersier jadi product Hoby atau koleksi, jadi waktu itu value product bertambah mencolok. Bila di toko mainan harga satu diecast sekitar pada 20-30ribu, jadi di kelompok kolektor harga product ini dapat melambung jauh diatasnya. Berikut yang jadikan diecast mempunyai kesempatan usaha yg tidak dapat disepelekan.
Market yang dibidik oleh kesempatan usaha mainan diecast ini ada 3 grup : Anak-anak, Kolektor, serta Pembalap. Ya, Diecast juga ada balapannya serta banyak kesempatan usaha di sana (juga akan dibicarakan di artikel yang lain).

Terdapat beberapa type serta merk diecast. Sebut saja Hotwheels, Matchbox, Majorette, Kinsmart, RMZ, Kyosho, Auto Art, serta banyak sekali lagi. Beberapa besar diecast yang diburu yaitu yang mempunyai brand popular, sebab brand-brand besar ini menghasilkan diecast dengan detil
yang cukup rapi, bahkan juga mendekati serupa dengan mobil aslinya. Jumlah produksinya juga di buat terbatas per 1 varian, hingga jadikan diecast barang yang layak dikoleksi.
Dengan sederet value di atas, Kesempatan Usaha Mainan Diecast jadi kesempatan yang cukup mungkin. Sebagian aspek tersebut mungkin saja pertimbangan :

Jumlah kolektor jadi bertambah setiap tahunnya

Product diecast yaitu product Limited, hingga semakin lawas item nya semakin tinggi harga nya
Harga Diecast selalu alami kenaikan berbarengan dengan naiknya inflasi. Bahkan juga, kenaikannya sering digunakan oleh beberapa kolektor jadi medium investasi yang keuntungannya dapat menaklukkan investasi logam mulia.

Satu diantara contoh riil yang berlangsung : satu diecast merk Hotwheels yang disebut tiruan dari mobil Italia, Bugatti Veyron, saat awal diedarkan harga nya tidak hingga 20 ribu. Tetapi saat Hotwheels mengambil keputusan hentikan hubungan kerja dengan Bugatti serta tak akan cetak replikanya, harga nya hingga saat ini ada di kisaran 200 – 250 ribu.

Untuk mulai usaha ini, anda butuh kuasai product knowledge manfaat ketahui diecast mana yang miliki nilai plus tinggi dari harga aslinya serta siapapun tujuan marketnya. Umumnya penjual diecast memakai Facebook jadi fasilitas pemasaran. Terkecuali lebih fleksibel, di Facebook sendiri berderet beberapa puluh bahkan juga beberapa ratus komune diecast yang senantiasa berhubungan dengan sesama kolektor.
Bagaimana dengan Modal untuk mulai menggerakkan usaha ini? Bagaimana kiat penjualannya? Bagaimana strategi mengetahui beberapa produk diecast yang cepat laris?

Salah Satu Product Hotwheels, A Tim Van. Harga resmi waktu di keluarkan pada th. 2012 yaitu 17. 000. Sekarang ini, harga di market telah menembus 100 ribu rupiah.

Apakah benar beli diecast serta membuatnya instrumen investasi dapat lebih tinggi keuntungannya dari pada investasi emas? Mungkin saja ada benarnya pernyataan ini. Pada intinya, product berbasiskan hoby juga akan mempunyai value tinggi di mata penghobinya. Pasti hal semacam ini juga akan begitu berlainan dengan Emas, di mana nilainya juga akan senantiasa sama untuk siapapun.

Tetapi di bagian beda, diecast mungkin saja satu diantara instrumen investasi yang menarik. Kenapa? ada banyak hal yang mungkin saja pertimbangan anda di bawah ini :
Diecast harga nya tidak sempat turun lebih rendah dari harga modal awalannya. Bila pada th. 2010 harga Hotwheels masih tetap di kisaran 17-19 ribu, jadi pada th. 2014 harga hotwheels resmi telah menjangkau Rp. 24. 900. bahkan juga di sebagian Hipermarket telah di jual di angka 33 ribu. Bahkan juga Diecast seri spesifik mempunyai nilai jual yang lebih tinggi di banding seri yang lain. Sebut saja umpamanya Ferrari, atau Lamborghini, Datsun, Mitsubishi Lancer Evolution, atau Honda yang harga nya dapat naik tiap-tiap tahunnya.

Baca juga: Sejarah awal terciptanya Hot Wheels dan wawancara kolektor terkenal

Diecast adalah product dengan niche market yang begitu tajam. Bila hotwheels dibeli oleh anak-anak, jadi dia juga akan jadi product yang tidak lebih dari sebatas mainan. Namun bila pembelinya orang dewasa, jadi product itu telah masuk lokasi Collectible items, hingga tidak dapat sekali lagi dimaksud mainan, tetapi koleksi.

Diecast di produksi dalam jumlah yang terbatas di tiap-tiap serinya. hal semacam ini membuatnya jadi Limited Product. Serta Limited product yang berjumpa dengan growing market juga akan hasilkan high value.

Diecast seri spesifik juga akan mempunyai nilai jual yang tambah lebih tinggi dari pada harga resminya, bahkan juga mulai sejak product itu di keluarkan. Umpamanya, Hotwheels yang keluarkan seri mobil dengan ban karet disela-sela product regulernya yang di kenal dengan arti Superized Treasure Hunt (TH$). Jenis diecast TH$ serupa dengan versus regulernya, di jual dengan juga harga yang sama juga dengan versus regulernya. Tetapi TH$ diciptakan begitu terbatas (konon 1 pcs TH$ diselipkan di antara 500-an product reguler). hingga harga resminya sekarang ini cuma 24. 900 tetapi pada hari yang sama mulai sejak pertama dibeli, telah dapat di jual sekali lagi dengan harga 150-250 ribu.

Spesial merk Hotwheels, saat ada product yang dengan resmi dapat dimaksud “cacat produksi”, harga nya juga semakin lebih tinggi dari pada harga resminya. Umpamanya, bannya tertukar, mobil tak ada kacanya, cat rusak, dll… hal semacam ini karena ada market spesifik yang memanglah mengoleksi hotwheels yang dalam keadaan “error”.

Menaruh Hotwheels dalam keadaan bagus, lantas menjualnya pada 1-2tahun lalu, kenaikannya semakin lebih tinggi dari angka inflasi tahunan. Umpamanya saja inflasi Indonesia menjangkau 12%. Lantas Diecast yang kita beli saat ini di harga 25 ribu th. depan dapat di jual dengan harga 30-35 ribu (note : bukanlah “most wanted product”) . kenaiknya 5 ribu rupiah telah sama dengan 20%, lebih tinggi dari inflasi 12%. Bagaimana dengan emas? emas bukanlah instrumen investasi yang dapat disimpan 1-2 th.. Terlebih bila sedang trennya, harga emas bahkan juga dapat turun lebih rendah dari harga saat anda membelinya. Walau pada umumnya dalam periode lama emas juga akan alami trend naik.

Modal yang dibutuhkan untuk mulai usaha diecast murah. Karna modal yang paling perlu yaitu pengetahuan anda mengenai value yang dipunyai oleh semasing seri. Anda dapat mulai dengan mencari diecast di beberapa toko mainan atau hipermarket paling dekat, serta tentukan product yang value nya tinggi. Walau harga resminya 24. 900, anda dapat jual sekali lagi di harga 30 ribu keatas bergantung value dari semasing item. Hal semacam ini berlainan dengan beli Emas di mana anda butuh minimum 500ribu untuk beli 1 gr emas (yang cukup sulit di cari karna emas batangan berbentuk 1gram tidak diciptakan dalam jumlah banyak).

Dengan sederet keunggulan yang tersemat pada mainan diecast, terbukalah kesempatan usaha yang mengundang selera untuk dicoba. Tetapi rumusnya tetaplah sama : menggerakkan usaha ini membutuhkan product knowledge yang tinggi. Bila tidak, jadi anda dapat salah langkah. Mungkin saja anda mempunyai diecast yang sesungguhnya dapat di jual tinggi tetapi anda menjualnya dengan harga rendah serta demikian sebaliknya.

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.